Persyaratan untuk masuk dan keluar Vietnam bagi para wisatawan

Posted by & filed under Vietnam Travel Guide.

Persyaratan untuk masuk dan keluar Vietnam bagi para wisatawan

Untuk dapat masuk ke Vietnam, Anda memerlukan sebuah paspor dengan masa berlaku paling sedikit enam bulan, dan sebuah visa Vietnam, dokumen pembebasan visa, atau sebuah surat persetujuan untuk mendapatkan visa on arrival. Anda dapat memperoleh visa atau dokumen pembebasan visa di Kedutaan atau Konsulat Vietnam sebelum melakukan perjalanan ke Vietnam. Untuk mendapatkan surat persetujuan untuk masuk Vietnam, Anda harus menghubungi sebuah agen perjalanan sebelum keberangkatan. Warga negara Amerika Serikat telah melaporkan beberapa agen perjalanan nakal yang berusaha mengambil keuntungan.

Apabila Anda tiba tanpa memiliki visa Vietnam yang tepat, dokumen pembebasan, atau persetujuan tertulis untuk mendapatkan sebuah visa on arrival, Anda tidak akan diijinkan masuk dan akan dideportasi dengan segera. Visa Vietnam umumnya berlaku untuk satu kali masuk, terkecuali orang yang melakukan perjalanan secara khusus mengajukan permohonan untuk mendapatkan visa multiple entry, yang mana dikenai biaya yang lebih besar. Apabila Anda mempunyai rencana untuk meninggalkan Vietnam kemudian masuk kembali dari negara lain, pastikan Anda memiliki visa multiple entry. Jika Anda menggunakan visa single entry, Anda harus mengajukan permohonan untuk mendapatkan visa lagi sebelum kembali memasuki Vietnam.

Terdapat dua macam biaya untuk mereka yang ingin mengambil visa pada saat kedatangan di bandara Vietnam: 1) biaya cap visa yang dibayarkan di bandara, dan 2) biaya pemrosesan visa, juga disebut sebagai biaya layanan, yang dibayarkan pada agen yang melakukan pengaturan untuk mendapatkan visa.

Apabila Anda berencana untuk masuk ke Vietnam melalui jalan darat, Anda harus mendapatkan jenis visa Vietnam yang ditempelkan pada paspor, silakan untuk menghubungi Kedutaan/Konsulat Vietnam secara langsung.

Bahkan pada saat Anda telah memiliki visa yang berlaku, Anda mungkin saja ditolak untuk masuk ke Vietnam. Perlu kami tekankan kepada Anda bahwa peraturan imigrasi Vietnam mengharuskan warga negara asing yang memasuki Vietnam hanya melakukan aktivitas sesuai dengan visa mereka. Apabila Anda merubah tujuan kunjungan Anda, Anda harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari otoritas Vietnam yang terkait.

Jika paspor Anda hilang atau dicuri pada saat Anda berada di Vietnam, Anda harus mendapatkan penggantian atas paspor dan visa Vietnam Anda. Apabila Anda berada dalam keadaan darurat, silakan menghubungi Kedutaan dan Konsulat negara Anda, untuk mendapatkan paspor pengganti dengan masa berlaku yang terbatas, biasanya Anda dapat memperoleh paspor pengganti dalam waktu paling lama satu hari  saja; namun, pemerintah Vietnam memerlukan tiga hingga lima hari kerja, di luar hari Anda mengajukan permohonan, untuk mengeluarkan visa pengganti.

==============================

Informasi Umum Seputar Vietnam

Dengan visa Vietnam yang ringkas dan mudah untuk Anda dapatkan, mengapa tidak Anda berkunjung ke Vietnam untuk mengetahui pesona tersembunyi dari Vietnam, keindahan negara ini juga penduduknya yang ramah.

Comments are closed.